Bujet Mulai dari Rp 15 Ribu, Nih 6 Pilihan Makanan Enak di Surabaya

Jalan-jalan ke Kota Pahlawan kurang lengkap rasanya kalau gak cicipi makanan di sana. Cita rasa Surabaya yang khas dengan pedasnya pasti bikin tergoda. Apalagi ada sejumlah pilihan makanan enak di Surabaya yang wajib kamu cicipi.

Ibu kota Jawa Timur ini memang menyimpan sejumlah daya tarik. Mulai dari sejarah, objek wisata, hingga kulinernya. Wajar sih, sebab dulunya Surabaya merupakan kota pertemuan beragam kultur.

Bisa dibilang, Surabaya adalah  melting pot alias pusat bercampurnya berbagai macam budaya. Mirip-mirip Kota Jakarta sekarang.

Balik lagi bicara makanan, ada beberapa pilihan makanan enak di Surabaya yang bisa kamu cicipi nih. Pastinya makanan-makanan ini gak bakal bikin kantongmu jebol deh.

Penasaran apa aja makanannya? Nih enam makanan enak di Surabaya yang gak boleh kamu lewatkan.

1. Rawon Pak Pangat Wonokromo – Rp 20 ribu

makanan enak di surabaya
Rawon Pak Pangat Wonokromo (pegimakan)

Main-main ke Jawa Timur, jangan lupa cicipi kelezatan rawonnya. Makanan dari Jawa Timur ini terkenal banget dengan kuah hitamnya yang khas.

Rawon sendiri adalah sajian daging dengan kuah berwarna hitam. Warna hitam diperoleh dari bumbunya yang bercampur dengan kluwak.

Kalau kamu sedang berada di Surabaya, mampirlah ke Rawon Pak Pangat Wonokromo yang berlokasi di Ruko Lotus Regency, No. 15 Jl. Ketintang Baru Selatan I, Gayungan, Surabaya.

Berbeda dari rawon pada umumnya, rawon Pak Pangat menyajikan daging buat sajian rawon dengan cara disuwir.

Kebanyakan orang yang udah mencicipi makanan enak di Surabaya ini dibikin ketagihan. Rawon Pak Pangat buka dari pukul 6 pagi hingga 9 malam. Seporsi rawon dijual dengan harga sekitar Rp 20 ribu.

2. Nasi Empal Pengampon – Rp 30 ribu

makanan enak di surabaya
Nasi Empal Pengampon (reresepan)

Makanan enak di Surabaya selanjutnya yang kudu kamu cicipi adalah Nasi Empal Pengampon. Tempat makanan yang beralamatkan di Gg. Pengampon II No.3, Bongkaran, Pabean Cantian ini selalu ramai dikunjungi.

Selain menjual nasi empal, tempat makan ini juga menyediakan bubur, nasi babat, nasi ayam, nasi rawon, mi ayam, mi pangsit, mi bakwan, mi baikut, mi babat, lo mi, hingga chinese food lainnya. Seporsi nasi empal dihargai Rp 30 ribu aja.

Nasi Empal Pengampon dibuka dua kali sehari, yaitu pukul 08.00-14.00 dan pukul 17.00-21.00.

3. Kepiting Cak Gundul 1992 – Rp 95 ribu

makanan enak di surabaya
Kepiting Cak Gundul 1992 (eatjogja)

Di Surabaya ada satu tempat makan yang menyuguhkan menu kepiting yang lezat, yaitu Kepiting Cak Gundul 1992. Di sini, dengan bermodalkan Rp 95 ribu-Rp 115 ribu, kamu bisa merasakan nikmatnya kepiting buatan Cak Gundul 1992.

Kepiting Cak Gundul 1992 emang udah melegenda di Surabaya. Kepitingnya memiliki daging yang tebal dan bumbunya meresap ke dalam dagingnya. Inilah kenapa kepiting buatan Cak Gundul 1992 digemari banyak orang.

4. Bebek Palupi – Rp 18 ribu

makanan enak di Surabaya
Bebek Palupi (ibnuasmara)

Pengin menikmati sajian bebek? Mampirlah ke Bebek Palupi yang berlokasi di Jalan Rungkut Asri Tengah No.10, Rungkut Kidul, Rungkut.

Dengan potongan daging bebek yang besar dan tekstur dagingnya yang empuk, bikin banyak orang memberi review positif mengenai Bebek Palupi. Harganya pun relatif terjangkau. Cukup membayar Rp 18 ribu, kamu udah bisa rasakan nikmatnya sajian bebek Palupi.

5. Sego Sambel Mak Yeye – Rp 15 ribu

makanan enak di surabaya
Sego Sambel Mak Yeye (rezkypratama)

Walaupun cuma warung tenda pinggir jalan, Sego Sambel Mak Yeye selalu ramai pengunjung. Buka dari pukul 22.00-04.00, Sego Sambel Mak Yeye memiliki menu andalan, yaitu hidangan iwak pe, sejenis ikan pari.

Biasanya iwak pe ini dimakan bersama sambal yang terbuat dari tomat, cabai, bawang merah, bawang putih, garam, dan terasi. Nah, pedasnya sambal ala Mak Yeye inilah yang bikin banyak orang gak pernah jemu buat makan iwak pe di sego ini.

Buat menikmati sajian di Sego Sambel Mak Yeye, kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp 15 ribu. Lokasinya sendiri berada di Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.12, Jagir, Wonokromo.

6. Soto Ayam Lamongan Cak Har – Rp 20 ribu

makanan enak di surabaya
Soto Ayam Lamongan Cak Har (golekjajan)

Buat kamu yang suka banget soto, mampirlah ke Soto Ayam Lamongan Cak Har. Di sini kamu bisa merasakan gurihnya soto dengan kuah santannya yang berwarna kekuningan. Plus ditaburi koya yang bisa kamu ambil sepuasnya di meja makan.

Buat merasakan soto ayam Lamongan plus koya bikinan Cak Har, kamu cuma perlu mengeluarkan uang Rp 20 ribu per porsinya. Soto Ayam Lamongan Cak Har sendiri berlokasi di Jl. Arief Rachman Hakim, Keputih, Sukolilo.

Itu tadi enam tempat makanan enak di Surabaya yang gak boleh kamu lewatkan saat berada di sana. Udah rasanya dijamin enak karena tersohor, harganya pun ramah di kantong. Dijamin menghemat pengeluaranmu selama di Surabaya. Dan selamat menikmati!

berkelana

Add comment